logo

JADWAL SIDANG

jwdl sdngPengadilan Agama memberikan kemudahan akses informasi jadwal sidang untuk para pihak yang sedang berperkara. Jadwal Sidang diperbarui setiap hari sehingga informasi yang disajikan selalu up to date.

INFORMASI PERKARA

sippabc

Melalui Sistem Informasi Penelusuran Perkara (SIPP), Anda akan mengetahui tahapan, status dan riwayat perkara. Anda juga dapat mengetahui rincian biaya perkara baik pemasukan maupun pengeluarannya.

DIREKTORI PUTUSAN

put dir

Publikasi putusan sebagai bentuk keterbukaan informasi dan layanan kepada masyarakat dalam mengakses putusan. Halaman ini menyediakan Putusan dan Penetapan PA Maninjau secara lengkap.

E-COURT

e court

E-Court (Electronics Justice System) adalah layanan untuk: e-Filing (Pendaftaran Perkara Online), e-Payment (Penaksiran dan Pembayaran Panjar Biaya Perkara Online), e-Summons (Pemanggilan Pihak Secara Online)

 

Ditulis oleh Nina Sumitri on . Dilihat: 22

KAJIAN DAN DISKUSI HUKUM KELUARGA ISLAM DI INDONESIA

 

HAKIM BUKANLAH WASIT MELAINKAN GUIDE YANG HARUS MEMBANTU, MEMANDU, DAN MENYELAMATKAN PENCARI KEADILAN AGAR BERHASIL DENGAN MUDAH MEMPEROLEH KEADILAN” kata DR. Drs. H. A. Mukti Arto, S.H., M.Hum dalam Daring dengan Pengadilan Agama dan Pengadilan Tinggi se Indonesia.

Pada hari ini Mahkamah Agung melakukan sebuah kajian dan diskusi hukum dan pada pukul 09.00 WIB yang dilakukan oleh salah satu Hakim Agung Yang Mulia DR. Drs. H. A. Mukti Arto, S.H., M.Hum, dengan moderator Dirjen Direktur Badan Peradilan Agama Dr.Drs. Aco Nur, S.H,.M.H. Pembahasan kajian tersebut berjudul “PEMBINAAN DAN DISKUSI BERSAMA HUKUM KELUARGA ISLAM DI INDONESIA”. kajian dan diskusi hukum ini dapat diakses secara langsung oleh masyarakat melalui canel Youtube Dokinfo Badilag

Pada pembahasan kajian ini, terdapat banyak hal yang bisa menjadi bahan pembelajaran, bagi mayarakat dan aparatur pegadilan terutama Hakim dalam mengambil keputusan. Beberapa pembahasan tersebut dapat disipulkan:

  1. Tugas sejati pengadilan moderen, yaitu: menyelesaikan semua masalah yang diajukan pencari keadilan melalui perkara yang menjadi wewenangnya, tanpa menyisakan masalah, menambah masalah, sehingga pihak yang berhak berhasil dengan mudah memperoleh keadilan sesuai standar baku keadilan.
  2. Tiga perangkat untuk menyelesaikan masalah, yaitu: hukum materil , hukum formil, dan hak ex officio hakim
  3. Sikap pengadilan dalam menghadapi perkara, yaitu: Siap siaga menerima perkara, Bersikap pasif dalam menentukan ruang lingkup perkara, dan Berperan aktif dalam menyelesaikan perkara.
  4. Amar putusan yang adil, ideal dan eksekutabel, hal ini dijelaskan dalam pasal 53 Kekuasaan Kehakiman, mengenai tanggung jawab hakim terhadap putusan yang dibuatnya.
  5. Upaya damai dan mediasi, bertujuan menyelesaikan perkara tanpa masalah melalui kesepakatan kedua belah pihak
  6. Menerapkan pasal 58 ayat 2 UU Pengadilan Agama, merupakan dasar hukum yang bersifat general adanya kewenangan ex offico hakim dalam memeriksa dan mengadili perkara.
  7. Ex officio vs larangan ultra petita, Ex officio tidak termasuk melanggar larangan ultra petita karena ex officio hakim memiliki area dan fungsi yang berbeda dengan larangan ultra petita.
  8. Hukum Akad Nikah, hukum perkawinan Islam (akad nikah) di Indonesia memiliki 3 (tiga) dimensi, yaitu dimensi substansi, dimensi prosesi, dan dimensi administrasi.


(Mutia/Hakim PA Maninjau)

Add comment


Security code
Refresh

Hubungi Kami

Pengadilan Agama Maninjau

Jl. Raya Bukittinggi - Lubuk Basung KM. 26
Padang Gelanggang, Matua Mudiak, Matur,
Kabupaten Agam Prop. Sumatera Barat
Kode Pos 26162 Telp/Fax: (0752) 61025 
Email  : Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.">Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.
Lokasi

google map

 

 

Tautan Aplikasi