logo

JADWAL SIDANG

jwdl sdngPengadilan Agama memberikan kemudahan akses informasi jadwal sidang untuk para pihak yang sedang berperkara. Jadwal Sidang diperbarui setiap hari sehingga informasi yang disajikan selalu up to date.

INFORMASI PERKARA

sippabc

Melalui Sistem Informasi Penelusuran Perkara (SIPP), Anda akan mengetahui tahapan, status dan riwayat perkara. Anda juga dapat mengetahui rincian biaya perkara baik pemasukan maupun pengeluarannya.

DIREKTORI PUTUSAN

put dir

Publikasi putusan sebagai bentuk keterbukaan informasi dan layanan kepada masyarakat dalam mengakses putusan. Halaman ini menyediakan Putusan dan Penetapan PA Maninjau secara lengkap.

E-COURT

e court

E-Court (Electronics Justice System) adalah layanan untuk: e-Filing (Pendaftaran Perkara Online), e-Payment (Penaksiran dan Pembayaran Panjar Biaya Perkara Online), e-Summons (Pemanggilan Pihak Secara Online)

 

Ditulis oleh Lazazia on . Dilihat: 90

Sambut Ramadhan, PA Maninjau Kaji Hisab Rukyat di Alam Terbuka

 lawang00001

Matur | www.pa-maninjau.go.id

Kajian biasanya dilakukan di ruang pertemuan atau di dalam gedung tertutup. Hal ini tidak sepenuhnya berlaku di Pengadilan Agama (PA) Maninjau). Siang itu (jum’at, 3 Mei 2019) Keluarga Besar PA Maninjau mengadakan kegiatan akhirussanah jelang Ramadhan 1440 H dengan mengadakan kajian di alam terbuka.

Acara digelar di Kawasan Lawang Park, Puncak Lawang, Matur, Kabupaten Agam. Butuh waktu 10 menit dari Kantor PA Maninjau untuk sampai di Lawang Park. Secara geografis PA Maninjau dikelilingi tempat-tempat wisata yang menawarkan panorama Danau Maninjau yang eksotis.

Kegiatan jelang Ramadhan yang dilaksanakan di ketinggian 1.200 mdpl ini diisi dengan kajian hisab rukyat oleh Ahsan Dawi, Wakil Ketua PA Maninjau. “Meskipun pelaksanaan rukyatul hilal sudah lama beralih ke Kemenag, namun Hakim PA mempunyai kewenangan untuk melakukan isbat rukyatul hilal. Bukan itu saja, Pegawai PA kadang juga ditanya oleh masyarakat berkaitan dengan hisab rukyat. Oleh karena itu, dasar-dasar hisab rukyat sebaiknya diketahui oleh semua warga peradilan agama,” ungkap Ahsan Dawi mengawali kajiannya.

 

Ahsan Dawi juga menjelaskan tentang posisi hilal awal Ramadhan, Syawal dan Dzulhijjah 1440. Ada 3 kriteria hilal yang dapat dilihat (imkanurrukyat), rumusnya adalah 238.

Pertama, tinggi hilal minimal 2 derajat. Kedua, Jarak sudut matahari dengan sudut bulan minimal 3 derajat. Ketiga, umur hilal atau jarak ijtima’ (konjungsi) dengan terbenam (ghurub) matahari minimal 8 jam. Berdasarkan kriteria ini hilal awal bulan Ramadhan sangat mungkin terlihat. Namun untuk hilal awal Syawal tidak mungkin dapat dilihat, apalagi hilal masih berada di bawah ufuk.

Dengan demikian insya Allah mayoritas umat Islam Indonesia akan mengawali dan mengakhiri puasa tahun ini secara bersama-sama. Meskipun demikian, untuk pengumuman secara resmi menunggu Keputusan Menteri Agama R.I.

Setelah kajian selesai, acara dilanjutkan dengan bermaaf-maafan antarpegawai agar dimaafkan segala kesalahan sehingga dapat memasuki bulan Ramadhan dengan bersih secara lahir dan batin.

 

Acara diakhir dengan foto bersama di taman Lawang Park, tempat yang pada zaman Belanda dijadikan peristirahatan bangsawan Belanda. Dari tempat ini kita bisa meenyaksikan birunya Danau Maninjau yang sejuk dan menawan.

[Lazazia]

   

Add comment


Security code
Refresh

Hubungi Kami

Pengadilan Agama Maninjau

Jl. Raya Bukittinggi - Lubuk Basung KM. 26
Padang Gelanggang, Matua Mudiak, Matur,
Kabupaten Agam Prop. Sumatera Barat
Kode Pos 26162 Telp/Fax: (0752) 61025 
Email  : Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.">Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.
Lokasi

google map

 

 

Tautan Aplikasi