Add a heading 2 removebg preview

Ditulis oleh Alifa on . Dilihat: 215

Bimtal oleh Sekretaris “Larangan untuk membicarakan aib orang lain”

 

28nov bimtal2

Matur | pa-maninjau.go.id

          Matur – Bimbingan Mental (Bimtal), Rutinitas Pengadilan Agama Maninjau yang dilaksanakan setiap hari Senin setelah melaksanakan sholat Dhuhur Berjama’ah. Pada bimtal kali ini disampaikan oleh Sekretaris PA Maninjau, Drs. Yultra Yunaidi tepatnya pada hari Senin (28/11) bertempat di Ruang Media Center.

          Beliau menyampaikan bahwasanya apa yang dikerjakan di dunia ini baik atau buruk semuanya akan mendapat balasan di hari kiamat. Ibarat kata “Siapa yang menanam pasti menuai”. Nah kita semua dianjurkan untuk berhati-hati dalam bertindak. Salah satunya kita harus berhati-hati dalam menjaga lisan yaitu dengan tidak menggunjing atau membicarakan aib/ kejelekan orang lain, karena pada dasarnya kita semua juga memiliki aib. Jika kita membicarakan aib orang lain sama halnya seperti memakan daging mereka yang telah mati (bangkai).

          Seperti dalam Firman Allah dalam Qs. Al Hujarat ayat 12, yang berbunyi:

يٰٓاَيُّهَا الَّذِيْنَ اٰمَنُوا اجْتَنِبُوْا كَثِيْرًا مِّنَ الظَّنِّۖ اِنَّ بَعْضَ الظَّنِّ اِثْمٌ وَّلَا تَجَسَّسُوْا وَلَا يَغْتَبْ بَّعْضُكُمْ بَعْضًاۗ اَيُحِبُّ اَحَدُكُمْ اَنْ يَّأْكُلَ لَحْمَ اَخِيْهِ مَيْتًا فَكَرِهْتُمُوْهُۗ وَاتَّقُوا اللّٰهَ ۗاِنَّ اللّٰهَ تَوَّابٌ رَّحِيْمٌ

yang artinya:

“Wahai orang-orang yang beriman! Jauhilah banyak dari prasangka, sesungguhnya sebagian prasangka itu dosa dan janganlah kamu mencari-cari kesalahan orang lain dan janganlah ada di antara kamu yang menggunjing sebagian yang lain. Apakah ada di antara kamu yang suka memakan daging saudaranya yang sudah mati? Tentu kamu merasa jijik. Dan bertakwalah kepada Allah, sesungguhnya Allah Maha Penerima tobat, Maha Penyayang”.

28nov bimtal

 

          Dengan penyampaian bimtal ini, semoga seluruh aparatur PA Maninjau dapat terhindar dari sifat menggunjing karena merupakan perbuatan buruk dan berdosa. (al)

Add comment


Security code
Refresh

Hubungi Kami

Pengadilan Agama Maninjau

Jl. Raya Bukittinggi - Lubuk Basung KM. 26
Padang Gelanggang, Matua Mudiak, Matur,
Kabupaten Agam Prop. Sumatera Barat
Kode Pos 26162 Telp/Fax: (0752) 61025 
Email  : Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.">

 

 SOSIAL MEDIA

Pngtreeinstagram icon instagram logo 3584853     Pngtreeyoutube color icon 3547792      facebook icon icons.com 59205

 

Instagram : @paminreligious

youtube : Pengadilan Agama Maninjau

facebook : PAmin religious court

Tautan Aplikasi